TAHSIN METODE TILAWATI

TAHSIN METODE TILAWATI


Tujuan:
  1. Membekali anak agar fasih melafalkan huruf hijaiyah. 
  2. Menjembatani kecenderungan dunia anak yang banyak gerak dan sulit konsentrasi. 
  3. Persiapan mengantarkan pembelajaran tilawati jilid 1 dan seterusnya yang menggunakan teknik klasikal baca simak. 


MODUL TILAWATI JILID 1 – 6 



TILAWATI UNTUK PAUD



Target:Peserta didik dapat mengucapkan 2 huruf hijaiyah berharokat fathah dengan lancar satu ketukan menggunakan lagu Rost.

Peraga Kalender Tilawati
Peraga kalender : Melatih kelancaran bacaan.
Buku : Pendalaman dan evaluasi.


Kurikulum Tahsin Metode Tilawati Tingkat Dasar
Diselesaikan dalam 40 kali pertemuan dengan alokasi tiap tatap muka 45 menit

Jumlah siswa : Maksimal 8 siswa per kelas

Posisi duduk : Siswa duduk melingkar berbentuk U-shape atau berkelompok melingkar membentuk huruf O-shape.


Prinsip pembelajaran sesuai dengan tumbuh kembang anak
1) Menggunakan nyanyian.
2) Menggunakan lagu rost.
3) Melalui pembiasaan.

Rencana proses pembelajaran per tatap muka:5’ doa pembuka, teknik klasikal.
5’ peraga kartu, teknik klasikal.
5’ peraga kalender, teknik klasikal.
20’ buku, individu.
5’ peraga kalender, teknik klasikal.
5’ doa penutup.


Penerapan klasikal peraga kartu:
1) Guru mengenalkan pokok bahasan atau bunyi huruf hijaiyah berkharokat fathah

Contoh:
Guru membunyikan bacaan: A. berulang-ulang sambil menggeser tangan kanan guru ke samping kanan, kiri, atas, bawah, depan dst

Guru bertanya pada siswa: ini bunyinya apa? Siswa menjawab A (satu ketukan), guru bertanya lagi sambil menggeser tanganya ini bunyinya….? Siswa menjawab A

2) Guru mengenalkan bunyi huruf hijaiyah berkharokat fathah, sambil menanamkan konsep posisi (kanan-kiri, atas-bawah, depan-belakang )

Contoh:
Guru menggerakkan tangan ke depan sambil mengatakan: satu di depan: santri menjawab A.
Guru menggerakkan tangan kesebelah kanan sambil mengatakan dua di kanan: siswa menjawab A. A.




Pengajaran Klasikal Peraga Kalender
Teknik
Guru
Siswa
1
Membaca
Mendengarkan
2
Membaca
Menirukan
3
Membaca bersama
Membaca bersama

Tahapan pembelajaran peraga kalender:

1) Pertemuan 1-20 pengenalan huruf tunggal. Menggunakan nyanyian datar-naik-turun-turun
2) Pertemuan 21-30 pengucapan dua huruf. Menggunakan nyanyian datar-naik-turun-turun
3) Pertemuan 31-40 pengucapan dua huruf. Menggunakan lagu ROST 3 nada : datar-naik-turun

Evaluasi atau munaqosyah:
Waktunya maksimal 5 menit atau membaca 5 halaman dengan cara diacak dan menggunakan lagu rost.

Komentar

  1. Itu pakai metode Asy Syafii atau bukan ya?
    Font nya pakai Utsmani atau bukan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bimbel Bahasa Inggris (English Best Course - EBC)