TAHSIN METODE TILAWATI
Tujuan:
- Membekali anak agar fasih melafalkan huruf hijaiyah.
- Menjembatani kecenderungan dunia anak yang banyak gerak dan sulit konsentrasi.
- Persiapan mengantarkan pembelajaran tilawati jilid 1 dan seterusnya yang menggunakan teknik klasikal baca simak.
MODUL TILAWATI JILID 1 – 6
TILAWATI UNTUK PAUD
Target:Peserta didik dapat mengucapkan 2 huruf hijaiyah berharokat fathah dengan lancar satu ketukan menggunakan lagu Rost.
Peraga Kalender Tilawati
Peraga kalender : Melatih kelancaran bacaan.
Buku : Pendalaman dan evaluasi.
Kurikulum Tahsin Metode Tilawati Tingkat Dasar
Diselesaikan dalam 40 kali pertemuan dengan alokasi tiap tatap muka 45 menit
Jumlah siswa : Maksimal 8 siswa per kelas
Posisi duduk : Siswa duduk melingkar berbentuk U-shape atau berkelompok melingkar membentuk huruf O-shape.
Prinsip pembelajaran sesuai dengan tumbuh kembang anak
1) Menggunakan nyanyian.
2) Menggunakan lagu rost.
3) Melalui pembiasaan.
Rencana proses pembelajaran per tatap muka:5’ doa pembuka, teknik klasikal.
5’ peraga kartu, teknik klasikal.
5’ peraga kalender, teknik klasikal.
20’ buku, individu.
5’ peraga kalender, teknik klasikal.
5’ doa penutup.
Penerapan klasikal peraga kartu:
1) Guru mengenalkan pokok bahasan atau bunyi huruf hijaiyah berkharokat fathah
Contoh:
Guru membunyikan bacaan: A. berulang-ulang sambil menggeser tangan kanan guru ke samping kanan, kiri, atas, bawah, depan dst
Guru bertanya pada siswa: ini bunyinya apa? Siswa menjawab A (satu ketukan), guru bertanya lagi sambil menggeser tanganya ini bunyinya….? Siswa menjawab A
2) Guru mengenalkan bunyi huruf hijaiyah berkharokat fathah, sambil menanamkan konsep posisi (kanan-kiri, atas-bawah, depan-belakang )
Contoh:
Guru menggerakkan tangan ke depan sambil mengatakan: satu di depan: santri menjawab A.
Guru menggerakkan tangan kesebelah kanan sambil mengatakan dua di kanan: siswa menjawab A. A.
Pengajaran Klasikal Peraga Kalender
Teknik
|
Guru
|
Siswa
|
1
|
Membaca
|
Mendengarkan
|
2
|
Membaca
|
Menirukan
|
3
|
Membaca bersama
|
Membaca bersama
|
Tahapan pembelajaran peraga kalender:
1) Pertemuan 1-20 pengenalan huruf tunggal. Menggunakan nyanyian datar-naik-turun-turun
2) Pertemuan 21-30 pengucapan dua huruf. Menggunakan nyanyian datar-naik-turun-turun
3) Pertemuan 31-40 pengucapan dua huruf. Menggunakan lagu ROST 3 nada : datar-naik-turun
Evaluasi atau munaqosyah:
Waktunya maksimal 5 menit atau membaca 5 halaman dengan cara diacak dan menggunakan lagu rost.
Itu pakai metode Asy Syafii atau bukan ya?
BalasHapusFont nya pakai Utsmani atau bukan?